Menurut pendapat jumhur ulama yaitu mazhab Hanafi, Syafi’e dan
Hanbali:Shalat Sunnah Tarawih 20 raka’at (selain Sholat Witir)
berdasarkan ijtihad Sayyiduna Umar bin Khattab. Menurut mazhab Maliki:
36 rakaat berdasarkan ijtihad Khalifah Umar bin Abd al-Aziz. Imam Malik
dalam beberapa riwayat memfatwakan 39 raka’at [Lihat dalam Nail
al-Author, 3/289.]. Walau bagaimana pun, pendapat yang masyhur ialah
mengikut pendapat jumhur bahkan ibnu taymiyah juga tarawih 20 raka’at!!!
1) Mazhab Hanafi
Syaikh As-Sarakhsi menyebutkan:
إِنَّهَا عِشْرُونَ رَكْعَةً سِوَى الْوِتْرِ عِندَنَا، وَقَالَ مَالِكٌ: اَلسُّنَّةُ فِيهَا سِتَّةٌ وَثَلاَثونَ
“Sesungguhnya
ia (Tarawih) 20 rakaat selain Witir di sisi kami, dan Malik berkata:
Sunnah padanya 36 rakaat.”[Al-Mabsuth, As-Sarakhsi, 2/144.]
Syaikh Al-Kasani menyokong pendapat tersebut dengan mengatakan:
وَأَمَّا
قَدْرُهَا فَعِشْرُونَ رَكْعَةً فِي عَشَرِ تَسْلِيمَاتٍ، فِي خَمْسِ
تَروِيحَاتٍ، كُلُّ تَسْلِيمَتَيْنِ تَرْوِيحَةٌ، وَهَذَا قَوْلُ عَامَّةِ
الْعُلمَاءِ
“Dan adapun kadarnya maka (ia adalah) 20
rakaat dalam 10 kali salam, 5 kali rehat, setiap 2 kali salam ada 1
rehat. Dan inilah pendapat kebanyakan ulama’.”[Bada’i’ ash-Shana’i’,
Al-Kasani, 1/288.]
Pendapat ini didukung pula oleh Al-Allamah Ibn Abidin di dalam Hasyiahnya:
(قَوْلُهُ وَهِيَ عِشْرُونَ رَكْعَةً) هُوَ قَوْلُ الْجُمْهُورِ، وَعَلَيْهِ عَمَلَ النَّاسُ شَرْقًا وَغَرْبًا
“(Perkataannya:
Dan ia 20 rakaat) adalah pendapat jumhur, dan atas pendapat inilah
orang banyak beramal di timur dan barat.” [Radd al-Mukhtar ‘ala Ad-Durr
al-Mukhtar yang dikenali dengan Hasyiah Ibn Abidin, 2/46.]
2) Mazhab Maliki
Apa yang masyhur dalam mazhab Maliki ialah pendapat yang mengikut jumhur (yaitu 20 rakaat). Al-Allamah Ad-Dardir berkata:
(وَالتَّرَاوِيحُ
): بِرَمَضَانَ (وَهِيَ عِشْرُونَ رَكْعَةً) بَعْدَ صَلاَةِ الْعِشَاءِ،
يُسَلِّمُ مِن كُلِّ رَكْعَتَيْنِ غَيْرَ الشَّفع وَالْوِتْرِ. (وَ) نَدِبَ
(الْخَتْمُ فِيهَا): أَيْ اَلتَّرَاوِيحِ، بِأَن يَقْرَأَ كُلَّ لَيْلَةٍ
جُزْءًا يُفَرِّقُهُ عَلَى الْعِشْرِينَ رَكْعَةً.
“(Dan
Tarawih): pada bulan Ramadhan (yaitu 20 rakaat) selepas Sholat Isya’,
salam pada setiap 2 rakaat selain…. Dan Witir. (Dan) Sunat
(mengkhatamkan Al-Quran dalamnya): iaitu ketika Tarawih dengan cara
membaca satu juzu’ pada setiap malam yang dibahagi-bahagi dalam 20
rakaat.” [Asy-Syarh ash-Shaghir, Ad-Dardir, di tepinya ada Hasyiah
Al-Allamah Ash-Shawi, 1/404-405.]
Al-Allamah An-Nafrawi
menyebutkan pendapat yang menguatkan pendapat jumhur ulama’ (20 rakaat)
dan pengikut mazhab Maliki kembali kepada pendapat ini kerana ia adalah
salah satu pendapat Imam Malik sendiri dengan katanya:
(كَانَ
السَّلَفُ الصَّالِحُ) وَهُمُ الصَّحَابَةُ (يَقُومُونَ فِيهِ) فِي زَمَنِ
خِلاَفَةِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ. وَبِأَمْرِهِ كَمَا تَقَدَّمَ (فِي
الْمَسَاجِدَ بِعِشْرِينَ رَكْعَةً) وَهُوَ اِخْتِيَارُ أَبِي حَنِيفَةَ
وَالشَّافِعِيِّ وَأَحْمَدَ. وَالْعَمَلُ عَلَيْهِ اْلآنَ فِي سَائِرِ
اْلأَمْصَارِ. (ثُمَّ) بَعْدَ صَلاَةِ الْعِشْرِينَ ( يُوتِرُونَ
بِثَلاَثٍ) مِن بَابِ تَغْلِيبِ اْلأَشْرَفِ لاَ أَنَّ الثَّلاَثَ وِتْرٌ،
لأَنَّ الْوِتْرَ رَكْعَةٌ وَاحدَةٌ كَمَا مَرَّ، – إِلَى أَن قَالَ –
وَاسْتَمَرَّ عَمَلَ النَّاسُ عَلَى الثَّلاَثَةِ وَالْعِشْرِينَ شَرْقًا
وَغَرْبًا. (ثُمَّ) بَعْدَ وَقَعَةِ الْحَرَّةِ بِالْمَدِينَةِ (صَلُّوا)
أَيْ اَلسَّلَفُ الصَّالِحُ غَيْرَ الَّذينَ تَقَدَّمُوا، لأَنَّ
الْمُرَادَ بِهمْ هُنَا مَن كَانَ فِي زَمَنِ عُمَرَ بْنَ عَبْدِ
الْعَزِيزِ (بَعْدَ ذَلِكَ) اَلْعَدَدُ الَّذِي كَانَ فِي زَمَنِ عُمَرَ
بْنِ الْخَطَّابِ (سِتًّا وَثَلاَثِينَ رَكْعَةً غَيْرَ الشَّفْعِ
وَالْوِتْرِ) – إِلَى أَن قَالَ – : وَهَذَا اِخْتَارَهُ مَالِكٌ فِي
الْمُدَوَّنَةِ وَاسْتَحْسَنَهُ. وَعَلَيْهِ عَمَلَ أَهْلُ الْمَدِينَةِ.
وَرَجَحَ بَعْضُ أَتْبَاعِهِ اَلأَوَّلَ الَّذِي جَمَعَ عُمَرُ بْنِ
الْخَطَّابِ النَّاسَ عَلَيْهَا لاِسْتِمْرَارِ الْعَمَلِ فِي جَمِيعِ
اْلأَمْصَارِ عَلَيْهِ.
“Adalah Salafus Soleh) iaitu para
sahabat (mendirikan padanya) yaitu pada zaman kekhalifahan Umar bin
Al-Khattab. Dan dengan arahannya seperti yang disebutkan terdahulu
(untuk mendirikannya) (di masjid-masjid dengan 20 rakaat) yaitulah
pendapat yang dipilih oleh Abu Hanifah, Syafi’e dan Ahmad, dan itulah
yang diamalkan sekarang di seluruh tempat. (Kemudian) selepas sholat 20
rakaat (mereka mendirikan Witir dengan 3 rakaat) yaitu termasuk dalam
bab melebihkan, bukanlah 3 rakaat itu dinamakan Witir, karena Witir itu 1
rakaat saja seperti yang telah dijelaskan…-sehinggal kepada
perkataannya- Dan berterusanlah perbuatan orang ramai dengan 23 rakaat
ini, di timur dan barat. (Kemudian) selepas berlakunya kemarau di
Madinah (mereka sembahyang) yaitu ‘Salafus Soleh’ bersembahyang tidak
seperti yang mereka telah dilakukan.
Yang dimaksudkan
‘Salafus Soleh’ di sini ialah mereka yang berada pada masa Umar bin
Abdul Aziz (selepas itu) (tidak seperti) bilangan yang telah dilakukan
pada masa Umar bin Al-Khattab (yaitu dalam masa Umar bin Abdul Aziz,
mereka melakukannya dengan) (36 rakaat tidak termasuk genap dan Witir) –
sehinggalah kepada perkataannya-: Dan inilah yang dipilih oleh Imam
Malik di dalam mudawwanah dan dia menganggap ia adalah baik (iaitu 36
rakaat itu). Dan pendapat ini menjadi pegangan penduduk Madinah. Dan
sebahagian pengikut Imam Malik pendapat pertama (yaitu 20 rakaat) yang
mana Umar bin Al-Khattab telah mengumpul orang ramai dengan bilangan ini
agar amalan ini berterusan dilakukan di seluruh tempat.” [ Al-Fawakih
ad-Dawani, An-Nafrawi, 1/318-319.]
3) Mazhab Syafe’i
Para ulama’ dalam mazhab Syafi’e (Syafi’iyyah) mengistinbatkan bilangan rakaatnya seperti berikut:
1) Disebutkan di dalam Mukhtashar Al-Muzani:
أَنَّ
اْلإِمَامَ الشَّافِعِيَّ رحمه الله قَالَ: رَأَيْتُهُمْ بِالْمَدِينَةِ
يَقُومُونَ بِتِسْعٍ وَثَلاَثِينَ وَأَحَبَّ إِلَيَّ عِشْرُونَ لأَنَّهُ
رُوِيَ عَنْ عُمَرَ وَكَذَلِكَ بِمَكَّةَ يَقُومُونَ عِشْرِينَ رَكْعَةً
يُوتِرُونَ بِثَلاَثٍ.
“Sesungguhnya Imam Syafi’e berkata:
Aku telah melihat mereka di Madinah mendirikan (Solat Tarawih) denga 39
rakaat, dan aku menyukai 20 rakaat karena telah diriwayatkan dari Umar.
Dan begitu juga di Makkah, mereka mendirikan 20 rakaat dan mengerjakan
Witir dengan 3 rakaat.”
2) Imam Nawawi berkata di dalam Syarh al-Muhazzab:
صَلاَةُ
التَّرَاوِيحِ مِنَ النَّوَافِلِ الْمُؤَكَّدَةِ كَمَا دَلَّتْ عَلَى
ذَلِكَ اْلأَحَادِيثُ الشَّرِيفَةُ الْمُتَقَدِّمَةُ وَهِيَ عِشْرُونَ
رَكْعَةً مِنْ غَيْرِ صَلاَةِ الْوِتْرِ، وَمَعَ الْوِتْرِ تُصْبِحُ
ثَلاَثًا وَعِشْرِينَ رَكْعَةً … عَلَى ذَلِكَ مَضَتِ السُّنَّةُ
وَاتَّفَقَتِ اْلأُمَّةُ، سَلَفًا وَخَلَفًا مِنْ عَهْدِ الْخَلِيفَةِ
الرَّاشِدِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رضي الله عنه وأرضاه – إِلىَ
زَمَانِنَا هَذَا … لَمْ يُخَالِفْ فِي ذَلِكَ فَقِيهٌ مِنَ اْلاَئِمَّةِ
اْلأَرْبعَةِ الْمُجْتَهِدِينَ إِلاَّ مَا رُوِىَ عَنْ إِمَامِ دَارِ
الْهِجْرَةِ مَالِكٍ بْنِ أَنَسٍ رضي الله عنه اَلْقَوْلُ بِالزِّيَادَةِ
فِيهَا، إِلىَ سِتٍّ وَثَلاَثِينَ رَكْعَةً…فِي الرِّوَايَةِ الثَّانِيَةِ
عَنْهُ – مُحْتَجًّا بِعَمَلِ أَهْلِ الْمَدِينَةِ فَقَدْ رُوِيَ عَن
نَافِعٍ أَنَّهُ قَالَ: أَدْرَكْتُ النَّاسَ يَقُومُونَ رَمَضَانَ بِتِسْعٍ
وَثَلاَثِينَ رَكْعَةً يُوتِرُونَ مِنْهَا بِثَلاَثٍ
“Sholat
Tarawih termasuk di dalam sholat Nawafil yang muakkad seperti mana yang
ditunjukkan perkara itu oleh hadits-hadits yang mulia yang telah
disebut terdahulu. Ia adalah sebanyak dua puluh rakaat selain dari
sholat Witir. (Jika) bersama Witir maka ia menjadi 23 rakaat…atas jalan
inilah berlalunya sunnah dan sepakat ummah, dari kalangan Salaf dan
Khalaf dari zaman Khulafa’ ar-Rasyidin Umar ibn Al-Khattab, semoga Allah
meridhainya dan dia meridhaiNya juga sampailah ke zaman kita ini…Tidak
ada seorang pun ahli fiqih dari kalangan empat imam mazhab (Hanafiyyah,
Malikiyyah, Syafi’iyyah dan Hanabilah) membantah perkara ini, melainkan
apa yang diriwayatkan dari Imam Dar al-Hijrah, Imam Malik bin Anas
tentang pendapat yang lebih bilangannya pada sholat Tarawih kepada 36
rakaat…Dalam riwayat kedua daripada Imam Malik, yaitu dengan hujahnya
beramal dengan amalan penduduk Madinah iaitu: Sesungguhnya diriwayatkan
dari Nafi’ sesungguhnya dia berkata: Aku mendapati banyak orang
mendirikan Ramadhan (sholat Tarawih) dengan 39 rakaat dan mereka
mendirikan Witir daripadanya sebanyak 3 rakaat…”
4) Mazhab Hanbali
Al-Allamah Ibn Qudamah al-Maqdisi berkata:
وَالْمُخْتَارُ
عِندَ أَبِي عَبْدِ اللهِ فِيهَا عِشْرُونَ رَكْعَةً. وَبِهَذَا قَالَ
الثَّوْرِيُّ وَأَبُو حَنِيفَةَ وَالشَّافِعِيُّ. وَقَالَ مَالِكٌ: سِتَّةُ
وَثَلاَثُونَ. وَزَعَمَ أَنَّهُ اْلأَمْرَ الْقَدِيمَ، وَتَعَلَّقَ
بِفِعْلِ أَهْلِ الْمَدِينَةِ، فَإِنَّ صَالِحًا مَوْلَى التَّوْأَمَةَ
قَالَ: أَدْرَكْتُ النَّاسَ يَقُومُونَ بِإِحْدَى وَأَرْبَعِينَ رَكْعَةً
يُوتِرُونَ منْهَا بِخَمْسٍ.
“Dan (pendapat) yang dipilih
di sisi Abu Abdullah (gelaran kepada Imam Ahmad bin Hanbal) padanya 20
rakaat. Dan inilah juga pendapat Sufyan Ath-Thuri, Abu Hanifah dan
Syafi’e. Malik berkata: 36 (rakaat). Beliau mendakwa ia adalah perkara
yang lama dan menghubungkan pendapatnya dengan perbuatan penduduk
Madinah. Soleh maula kepada At-Tau’amah berkata: Aku mendapati orang
ramai mendirikan (Sholat Tarawih) sebanyak 40 rakaat dan melakukan
Sholat Witir 5 rakaat.”[Al-Mughni, 1/456.]
Al-Allamah Al-Bahuti menukilkan pendapat yang dipegang dalam mazhab Hanbali dengan katanya:
سُمِيَتْ
بِذَلِكَ لأَنَّهُمْ يَجْلِسُونَ بَيْنَ كُلِّ أَرْبَعَ يَسْتَرِيحُونَ،
وَقِيلَ مَشَقَّةٌ مِنَ الْمَرَاوَحَةِ وَهِيَ التِّكْرَارُ فِي الْفِعْلِ،
وَهِيَ (عِشْرُونَ رَكْعَةً فِي رَمَضَانَ) لِمَا رَوَى مَالِكٌ، عَن
يَزِيدٍ بْنِ رُومَانَ، قَالَ: كَانَ النَّاسُ يَقُومُونَ فِي زَمَنِ
عُمَرَ فِي رَمَضَانَ بِثَلاَثٍ وَعِشْرِينَ.
“Dinamakan
begitu kerana mereka duduk di antara setiap 4 rakaat berehat. Dan
dikatakan, kesusahan dari…. yaitu pengulangan pada perbuatan yaitu (20
rakaat pda bulan Ramadhan) mengikut apa yang diriwayatkan oleh Malik
dari Yazid bin Ruman berkata: “Adalah manusia mendirikan sholat Tarawih
pada zaman Umar pada bulan Ramadhan dengan dua puluh tiga rakaat.”
[Riwayat Malik dalam Al-Muwaththo’. Lihat Kasysyaf al-Qina’, Al-Bahuti,
1/425.]
Pendapat Syaikh Ibn Taimiyyah dan Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Abd al-Wahhab, Syaikh Muhammad Ali ash-Shabuni menyebutkan:
…..Syaikh Ibn Taimiyyah menyebutkan di dalam Al-Fatawa:
ثَبَتَ
أَنَّ أُبَي بْنِ كَعْبٍ، كَانَ يَقُومُ بِالنَّاسِ عِشْرِينَ رَكْعَةً
فِي رَمَضَانَ وَيُوَتِّرُ بِثَلاَثٍ فَرَأَى كَثِيرٌ مِنَ الْعُلَمَاءِ
أَنَّ ذَلِكَ هُوَ السُّنَّةُ لأَنَّهُ قَامَ بَيْنَ الْمُهَاجِرِينَ
وَاْلاَنصَارِ وَلَمْ يُنكِرُهُ مُنكِرٌ.
“Telah thabit
sesungguhnya Ubay ibn Ka’ab telah mendirikan (sholat Tarawih) bersama
mayoritas jama’ah sebanyak 20 rakaat pada bulan Ramadhan dan dia sholat
Witir dengan 3 rakaat. Maka banyak orang melihat perbuatan itu adalah
sebagai sunnah karena bahwasanya dia mendirikannya di antara sahabat
dari Muhajirin dan Anshar dan tidak ada seorangpun yang mencegahnya.”
Adapun bagi mereka yg menjalankan tarawih 11 raka’at dgn nash hadist..
أَنَّهُ
صلى الله عليه وسلم خَرَجَ مِن جَوْفِ اللَّيلِ لَيَالِي مِن رَمَضَانَ
وَهِيَ ثَلاَثُ مُتَفَرِّقَةٌ: لَيْلَةُ الثَّالِثِ وَالْخَامِسِ
وَالسَّابِعِ وَالْعِشْرِينَ، وَصَلَّى فِي الْمَسْجِدِ، وَصَلَّى النَّاسُ
بِصَلاَتِهِ فِيهَا، وَكَانَ يُصَلِّي بِهِمْ ثَمَانَ رَكَعَاتٍ،
وَيُكَمِّلُونَ بَاقِيهَا فِي بُيُوتِهمْ
“Rasulullah صلى
الله عليه وآله وسلم keluar untuk sholat malam di bulan Ramadhan sebanyak
tiga tahap: malam ketiga, kelima dan kedua puluh tujuh untuk sholat
bersama umat di masjid. Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم sholat
bersama mereka sebanyak delapan rakaat, dan kemudian mereka
menyempurnakan baki sholatnya di rumah masing-masing.”
Jumlah
11 rakaat tidak boleh dijadikan hujah untuk jumlah rakaat Sholat
Tarawih karena Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم hanya sholat berjamaah
bersama sahabat 2 atau 3 kali saja di masjid dan setelah itu Baginda
صلى الله عليه وآله وسلم dan para sahabat menyambung sholat malam di
rumah masing-masing.
Hadits Sholat Tarawih hanya 8 rakaat
(menjadi 11 rakaat termasuk 3 rakaat Witir) karena merujuk kepada hadits
dari Sayyidatuna ‘Aisyah:
مَا
كَانَ رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَزِيْدُ فِى رَمَضَانَ وَلاَ
فِى غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشَرَةَ رََكْعَةً، يُصَلِّى اَرْبَعًا فَلاَ
تَسْـأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ
تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّى ثَلاَثًا،
فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللَّهِ أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوْتِرَ؟ فَقَالَ:
يَا عَائِشَةُ إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامُ وَلاَ يَنَامُ قَلْبِي.
“Tidaklah
Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم menambah pada bulan Ramadhan dan
tidak pula pada bulan lainnya lebih sebelas rakaat. Baginda صلى الله
عليه وآله وسلم sembahyang empat rakaat dan jangan kamu tanya tentang
bagus dan panjangnya. Kemudian Baginda صلى الله عليه وآله وسلم
sembahyang empat rakaat dan jangan kamu tanya tentang bagus dan
panjangnya. Kemudian Baginda صلى الله عليه وآله وسلم sembahyang tiga
rakaat. Kemudian aku (‘Aisyah) bertanya, “Wahai Rasulullah, adakah Tuan
tidur sebelum sembahyang Witir?” Baginda صلى الله عليه وآله وسلم
bersabda, “Wahai ‘Aisyah, sesungguhnya kedua mataku tidur, sedang hatiku
tidak tidur.”
K.H. Siradjuddin Abbas berkata:
“Sembahyang
yang dikatakan oleh Ummul Mu’minin Siti ‘Aisyah yang bahwa Nabi
Muhammad صلى الله عليه وآله وسلم tidak lebih dari mengerjakannya dari 11
rakaat itu ialah sembahyang Tahajjud malam hari dan Witir di
belakangnya, bukan sembahyang Tarawih…”[Dalam bukunya 40 Masalah Agama,
1/324.]
Beliau (K.H. Siradjuddin Abbas) menulis bahwa Imam
Bukhari ketika meletakkan hadits ‘Aisyah ini di dalam Shahihnya, beliau
(Imam Bukhari menulis):
بَابُ قِيَامِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم بِاللَّيْلِ فِي رَمَضَانَ وَفِي غَيْرِهِ
“Bab pada menyatakan Qiyam Nabi صلى الله عليه وآله وسلم pada waktu malam pada bulan Ramadhan dan pada bulan selainnya.”
Komen dari beliau ialah:
“Ini
petunjuk bahwa Imam Bukhari juga berpendapat bahwa sembahyang ini bukan
Sembahyang Tarawih, tetapi Sembahyang Tahajjud Malam yang dikerjakan
dalam bulan Ramadhan dan luar Ramadhan.
Sedangkan shalat sunnah yang dikerjakan dimalam hari adalah 2 raka’at-2 raka’at sebagaimana hadist rasul saw :
صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنىَ مَثْنىَ
“Sholat malam itu dilakukan dua rakaat dua rakaat.” Riwayat Al-Bukhari.
Wallahu a’lamu bish-shawab semoga bermanfaat.